Skip to main content

PENYAJIAN LEMBAR KERJA PROTOTYPE PRODUK HARDWARE

 

PENYAJIAN LEMBAR KERJA PROTOTYPE PRODUK HARDWARE 


 

Dear Readers, kali ini saya ingin berbagi materi pelajaran tentang   penyajian lembar kerja prototype produk hardware. Harapan saya semoga tulisan ini dapat melengkapi referensi readers sekalian 😀😀


Salah satu langkah penting dalam prosas pembuatan prototype adalah dengan membangun gambar kerja. Nantinya, gambar kerja ini akan manjadi acuan visual kita dalam membuat prototype. Membangun gambar kerja merupakan kegiatan yang penuh dangan kreativitas.

Lalu, bagaimanakah bentuk gambar karja yang saharusnya?

Pertama-tama, bentuk gambar kerja harus tergantung dari ide yang kamu miliki.

Yang kedua, bantuk gambar kerja harus sesuai dangan anggaran dan dana yang kamu miliki.

Usahakan agar membuat gambar kerja dengan material yang paling murah.

Yang terpenting adalah bahwa gambar kerja tersebut dapat menjadi prototype yang efektif


1. Kriteria Gambar Karja Prototype

Lalu, hal-hal apa saja yang menjadi persyaratan dalam membangun gambar kerja prototype?

a.Gambar kerja prototype harus dibuat dengan cepat.

b.Gambar kerja prototype harus dibuat dari biaya semurah mungkin.

Biaya yang besar harus dikonsentrasikan pada aspek eksplorasi konsep.

c.Sebuah gambar kerja harus bisa dibuang.

Jadi, jangan membuat lembar kerja dari bahan yang tak dapat dibuang.

d.Gambar kerja suatu prototype harus disajikan dalam resolusi rendah karena gambar kerja merupakan rancangan sederhana suatu prototype.

e.Gambar kerja prototype memang sengaja dibuat ambigu sehingga dapat diinterpretasikan pada segala sisi. Hal ini ditujukan agar peluang penyempurnaan bisa tetap terbuka.

f.Bersifat Menyarankan, bukan menetapkan.

Karena sifatnya yang ambigu, gambar kerja prototype harus bersifat menyarankan supaya interpretasi atas prototype tetap terbuka.

 

2. Metode prototyping

Metode  pembuatan  prototipe  dibedakan  menjadi  dua, yaitu  metode  non komputer (manual) dan metode berbasis komputer.

a.  Metode non komputer

Metode pembuatan prototipe jenis ini biasanya akan dikerjakan lebih awal.

Contoh pembuatan prototype non computer, misalnya Sketsa.

Dengan metode sketsa, interface (antarmuka) dideskripsikan menggunakan kertas.

Metode ini cocok digunakan untuk mengungkapkan

pendapat dan lebih difokuskan pada orang dengan desain tingkat tinggi.

Selain murah dan cepat, umpan balik yang didapatkan sangat menolong.

Namumetode  ini  tidak  terlalu  baik  untuk menggambarkan alur  dan rinciannya.

 

b.  Metode berbasis komputer

Metode berbasis komputer biasanya dikerjakan setelah metode nokomputer dikerjakan.

Metode pembuatan prototipe berbasis komputer dapat menirukan lebih banyak kemampuan sistem dan pada umumnya hanya menunjukkan beberapa aspek atau fitur. Para pemakai lebih segan untuk menyarankan perubahan sekali ketika melihat prototipe yang lebih realistis karena prototipe dapat berpusat pada lebih banyak detail.

 

3. Membuat Gambar Kerja Produk Hardware 

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat gambar kerja produk hardware, Di sini, contoh yang diambil adalah motherboard. Motherboard, atau papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Sebelum membuat gambar motherboard, kita akan terlebih dahulu memperhatikan sketsa gambar kerja dari motherboard.

 



Penjelasan bagian-bagian pada gambar kerja motherboard di atas:

a. Soket Prosesor.
Soket ini merupakan tempat di mana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja.


b. Slot Memori.
Slot ini digunakan untuk memasang memori utama Computer Jenis slot memori juga berbeda-beda, tergantung system yang digunakannya.


c. Northbridge,
merupakan sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.


d. Southbridge,
sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.


e. Slot PCI Express x16,
merupakan slot khusus yang bisa dipasangi kartu VGA generasi terbaru.


f. Slot PCI Express xl,
merupakan slot untuk memasang periferal (kartu atau card) lainnya selain kartu VGA.


g. Slot AGP, merupakan slot khusus untuk memasang kartu VGA generasi sebelum adanya slot PCI Express.


h. Slot PCI, merupakan slot umum yang biasa digunakan untuk memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express.


i. BIOS (Basic Input-Ouput System). Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan kontigurasi dari sebuah motherboard.


j. Baterai CMOS, baterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.


k. Port SATA, merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.


l. Port IDE, merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.


m. Port Floppy Disk, digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.


n. Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer. 


o. Back Panel, merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC


Semoga bermanfaat ..... Terima Kasih😄😄

Comments

Popular posts from this blog

PERANCANGAN GAMBAR KERJA DAN LEMBAR KERJA PROTOTYPE PRODUK

  PERANCANGAN GAMBAR KERJA DAN LEMBAR KERJA  PROTOTYPE PRODUK BARANG DAN JASA         Dear Readers, kali ini saya ingin berbagi materi pelajaran tentang   perancangan gambar kerja dan lembar kerja prototype produk barang/jasa. Perancangan atau desain adalah kegiatan menciptakan rencana pembuatan suatu objek dan sistem (seperti yang banyak ditemui di cetak biru arsitektur, gambar rekayasa, proses bisnis, diagram sirkuit, dan lain-lain). Desain memiliki pengertian berbeda beda, tergantung pada bidang ilmunya. Dalam beberapa disiplin ilmu, kegiatan membangun suatu objek secara langsung, seperti desain gra fis, juga dianggap sebagai kegiatan perancangan.   Perancangan memegang peranan penting dalam penciptaan suatu objek. Banyak aspek yang menjadi faktor dalam mempertimbangkan sebuah rancangan, seperti aspek keindahan, fungsi, ekonomis, dan sosial politik. Oleh karena banyaknya aspek-aspek yang dijadikan pertimbangan, maka kegiatan perancangan ...

MENERAPKAN PROSES KERJA PEMBUATAN PROTOTYPE PRODUK BARANG/JASA

  MENERAPKAN PROSES KERJA PEMBUATAN PROTOTYPE PRODUK BARANG/JASA        Dear Readers, kali ini saya ingin berbagi materi pelajaran tentang   menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa.      A.      Tujuan Kegiatan Pembelajaran Setelah selesai mempelajari modul ini siswa dapat menjelaskan: 1.    Model Prototype 2.    Tujuan Prototype 3.    Tahapan pembuatan prototype 4.    Keunggulan dan Kelemahan metode prototype   B.      Uraian Materi Dalam pembuatan software, dikenal beberapa metode untuk membuat software yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan user yang memerlukan software tersebut. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas salah satu metode pembuatan software yang dimana baru-baru ini saya dan kelompok saya bahas dikampus untuk menyelesaikan tugas mata kuliah rekayasa perangkat lunak yaitu model prototype...